Minggu, 08 Mei 2011

Teaching In Harmony


Suasana kondusif dalam pembelajaran harus diciptakan dan tetap dijaga, demi tercapaian tujuan pembelajaran. Namun demikian kerap terjadi disharmonisasi hubungan antara guru dengan muridnya disebabkan, factor-faktor tertentu, seperti, masalah pribadi guru, kondisi psikologi siswa, keadaan lingkungan, dan faktor lainnya,

Untuk menciptakan suasana kondusif, maka guru dan murid perlu melakukan upaya-upaya untuk mencapai suasana kondusif itu, salah-satu upaya untuk mencapai suasana kondusif, maka guru dan murid perlu melakukan upaya-upaya untuk mencapai suasana kondusif itu. Salah satu upaya untuk mencapainya melalui pendekatan tiga “T“, yaitu taaruf (saling mengenal), tafahum (saling memahami atau saling pengertian), dan taawun (saling menolong). Kiranya langkah tersebut dapat ditempuh, dalam rangka menjaga, keharmonisan hubungan guru, dengan murid, demi tercapainya, tujuan pembelajaran, yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan pendidikan nasional, sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang, system pendidikan nasional.

1. Taaruf (saling mengenal)

Dalam pengertian sederhana, saling mengenal bermakna bahwa muridnya dan sebaliknya, murid harus juga mengenal, muridnya dan sebaliknya, murid harus mengenal gurunya, dalam konteks interaksi.guru dengan murid, prinsip saling mengenal tidak hanya sebatas mengenal nama atau alamat saja, tetapi sangat penting, juga saling mengenal secara utuh dan menyeluruh, baik secara fisik maupun psikologis, dengan demikian, guru dan murid dituntut saling mengenal dari aspek individu, keluarga, sosial, ekonomi, budaya, potensi, kelemahan dan keunggulannya. Jika guru dan murid, memiliki kemampuan saling mengenal, maka hubungan guru dengan murid, akan terjalin baik. Hal itu tentu amat mendukung proses pembelajaran.

2. Tafahum (Saling Memahami)

Setelah saling mengenal, sikap selanjutnya adalah saling memahami kondisi masing-masing. Dengan demikian, guru maupun murid harus mampu menyikapi kondisi masing-masing, dengan sikap yang tepat. Dalam konteks interaksi guru dengan murid, prinsip saling memahami, ini akan melahirkan tindakan atau pendekatan yang tepat. Berdasarkan karakteristik tiap individu. Dari perbedaan harus memiliki kemampuan tindakan yang tepat untuk menangani perbedaan karakter itu. Keputusan menentukan tindakan tertentu, ditentukan oleh seberapa jauh guru memahami kondisi muridnya dengan demikian, semakin guru memahami murid maka tindakan yang diambilpun akan semakin tepat, prinsip saling memahami tentu saja tidak hanya berlaku di dalam ruang belajar. Tetapi jauh lebih baik jika sikap ini tetap dijaga, diluar ruang belajar dengan demikian maka ikatan batin antara guru dengan murid akan selalu erat, sehingga akan melahirkan suasana harmonis,

3. Ta’awun (Saling Menolong)

Prinsip saling menolong antara guru dengan murid, amat penting sebab guru dan murid merupakan dua pihak memiliki tujuan yang sama dengan mencapai tujuan pendidikan. Tolong menolong dalam arti positif harus diciptakan karena pendidikan yang baik, mampu melahirkan perubahan sikap ke arah yang lebih baik. Pada aplikasinya, guru harus mampu mencegah siswa untuk tidak berbuat menyimpang, dan sebaliknya siswapun harus mengingatkan guru apabila ada perilaku yang dianggap kurang pantas. Jika sikap ini dipelihara, maka ada harapan guru maupun siswa berlomba-lomba berbuat kebaikan. Dengannya, perilaku yang kurang baik akan ditinggalkan, sikap ini tentu saja amat baik dalam rangka membentuk karakter bangsa.

Pendekatan-pendekatan diatas, kiranya dapat dicoba dan diterapkan dalam proses pembelajaran, demi terciptanya tujuan pendidikan nasional.

Oleh Adpani

Guru Mts. /MA Pondok Pesantren Darul Ma’arif,

Margaasih Kabupaten Bandung


Sumber : Koran Beja (Bewara Jawa Barat) Edisi April 2011

2 komentar:

Obat Sakit 2011 mengatakan...

dalam belajar tentu dan harus suasananya mendukung
tenang untuk pikiran

Lukman mengatakan...

@obat sakit

betul, ini salah satu cara merubah agar saling memahami karakter satu sama lain agar tahu karakter antar diri masing-masing sukses selalu..... buat obat sakit :D